Popularitas Game Online Di Indonesia

perkembangan game online
perkembangan game online

Popularitas dan Perkembangan Game Online Di Indonesia  – Perkembangan  game baik daring maupun luring saat ini telah berkembang dengan sangat pesat di seluruh penjuru dunia, termasuk di negara Indonesia. Hal itu dibuktikan dengan banyaknya peminat permainan daring ini serta semakin banyak orang yang menggunakan gadget mereka untuk mengunduh atuapu bermain game dengan tersambung ke jaringan internet.

Bahkan beberapa perusahaan industri game seringkali melihat kemampuan bermain game pelamarnya untuk mengevaluasi bagaimana tingkatan cara berpikir serta kecepatan berpikir dalam memberikan sebuah solusi.

Berkembangnya game daring di Indonesia pun dipengaruhi oleh bertambahnya jumlah pengguna smartphone yang mencapai hingga sekitar 177 orang sedangkan pengguna mobile game mencapai sekitar 6,5 jutar orang.

Era Nexia Tahun 2001

Nexia adalah game daring pertama yang muncul di Indonesia pada tahun 2001.  Game dengan genre Role Playing Game atau RPG ini dikeluarkan oleh BolehGame yang dapat dimainkan multiplayer serta memiliki grafik sederhana yakni 2 Dimensi (2D).

READ  Game Online Domino Terbaik Sepanjang Masa

Game daring keluaran Nexus Korea ini sangat mudah diinstal di komputer warnet yang secara umum hanya mempunyai spesifikasi untuk mengakses internet. Bahkan game ini masih bisa dimainkan di Pentium 2 menggunakan grafik 3 Dimensi.  Namun karena lisensi game ini tidak diperpanjang sehingga menyebabkan game ini dihentikan produksinya.

Era Ragnarok Tahun 2003-2006

Sejak game Nexia ditutup, perkembangan game online di Indonesia juga ikut maju dengan adanya beberapa provider game baru yang masuk ke Indonesia. Seperti pada tahun 2002 masuk provider game baru yaitu Redmoon, diikuti dengan masuknya Laghaim di awal tahun 2003, dan dipertengahan tahun 2003 muncul provider Ragnarok Online (RO).

Sejak masuknya Ragnarok Online, permainan ini menjadi game daring yang melegenda di Indonesia dan hanya bisa dimainkan melalui komputer atau PC. Game yang dikeluarkan oleh developer PT. Lyto Datarindo Fortuna (LYTO) ini bergenre genre Massively Multiplayer Online Role Playing Game (MMORPG) dengan menggunakan sistem Pay to Play (P2P) meskipun game daring ini masih bisa dimainkan secara gratis.

READ  Serunya Berpetualang Bersama Bob's World

Era MMFOPS Tahun 2009-2013

Awal mula munculnya game bergenre Multiplayer Online Battle Arena (MOBA) League of Legends bersamaan dengan Riot Games. Kemudian pada 2010 game bergenre MMORPG tidak terlalu populer, bahkan hingga saat ini sudah banyak game MMORPG yang ditutup.

Lalu antara tahun 2011-2012 ada banyak sekali game yang dirilis dengan untuk tujuan untuk mencari pemain baru karena pada tahun tersebut sudah mulai banyak game yang ditutup karena lisensi yang tidak diperpanjang atau kurangnya peminat game itu.

Sekali lagi pada tahun 2013 game Ragnarok Online 2 yang baru saja dirilis langsung menjadi populer apalagi untuk para pemain game veteran yang rindu dengan versi terbaru dari game Ragnarok.

Era Mobil Gaming Andoroid Tahun 2015-2016

Sejak smartphone mulai banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia, game-game android dari Google Play Store pun semakin laris. Salah satunya ialah game online Clash of Clan keluaran Supercell yang pada tahun 2015  berhasil memperoleh user atau pengguna terbanyak tahun itu.

READ  5 Game Simulator Kehidupan yang Realistis Banget!

Game berjenis strategi ini dimainkan secara massive dengan aturan main dua orang orang saling menyerbu kastil masing-masing dengan menggunakan armada mereka. Tahun 2016 mobile game tetap menjadi platform game favorit yang makin diperhitungkan dalam dunia video game modern.

Era MOBA & Battle Royale Tahun 2017-2019

Game bergenre MOBA yang berfokus pada pertempuran di arena dengan menggunakan berbagai maxam strategi seperti membunuh lawan, mengumpulkan gold, mengambil objek, ataupun membunuh minion. Game MOBA merupakan salah satu cabang e-sport berstandar internasional.

Disusul dengan popularitas genre game Battle Royale yang menggabungkan antara open world, shooter, survival, dan multiplater.

Itulah tadi sejarah perkembangan game online di Indonesia, semoga artikel ini bisa menambah pengetahuan Anda.

You May Also Like

About the Author: Admin